techinlife.info

techinlife.info – PT Freeport Indonesia bersiap untuk meresmikan smelter baru mereka yang terletak di Manyar, Gresik, Jawa Timur, dalam waktu dekat. Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Tony Wenas, mengungkapkan bahwa fasilitas tersebut hampir siap untuk beroperasi dan dijadwalkan untuk diresmikan pekan depan.

Persiapan Peresmian

Tony Wenas menjelaskan, “Kami sudah hampir selesai dengan persiapan. Semua sistem penting dari ship loader, conveyor belt, silver burner, hingga desalination plant dan oxygen plant telah berfungsi dengan baik. Kami hanya tinggal beberapa hari lagi untuk mengaktifkan dan memanaskan furnace, serta memastikan semua sudah terkoneksi dengan baik.”

Detail Peresmian Belum Ditetapkan

Ketika ditanya tentang detail lebih lanjut mengenai pelaksanaan peresmian, Tony menyatakan bahwa persiapan masih berlangsung dan belum diketahui siapa yang akan melakukan peresmian tersebut. “Kami masih dalam proses perencanaan, dan belum dapat memastikan apakah Presiden Joko Widodo akan hadir untuk meresmikan,” tambahnya.

Target Produksi

Dari catatan detikcom, Tony Wenas menargetkan smelter baru ini akan mulai berproduksi pada bulan Agustus, dengan target produksi sebesar 850 ribu ton konsentrat tembaga per tahun. “Operasi akan dimulai pada bulan Juni, namun produksi konsentrat tembaga baru akan berlangsung mulai awal Agustus, sehingga di akhir bulan kita dapat mengharapkan produksi katoda tembaga,” ungkap Tony pada sebuah acara di rumah dinas Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia.

Dengan peresmian yang akan datang, smelter baru di Gresik diharapkan akan meningkatkan kapasitas produksi tembaga Indonesia dan mendukung pertumbuhan ekonomi regional. Informasi lebih lanjut mengenai peresmian akan diumumkan seiring dengan kelanjutan persiapan oleh PT Freeport Indonesia.